Jalan-jalan ke Nganjuk yuk!! kabupaten di Jawa Timur yang senantiasa sejuk..

Kamis, 02 Juni 2016

Taman Bukit Batu Songgong




Bukit Batu Songgong merupakan salah satu obyek wisata berupa taman alam yang terdapat di kawasan Sawahan Nganjuk. Letaknya sebalah selatan dari pusat Kabupaten Nganjuk, sekitar 4 Km dari jalan raya menuju air terjun Sedudo. Untuk akses jalan menuju Desa Margopatut sendiri anda tidak disuguhkan dengan jalan mulus. Kondisi jalan yang naik turun dan berkelok-kelok dengan kondisi aspal yang sudah rusak.

Jika sudah masuk lebih dalam ke Dukuhan Ngroto anda akan melalui jalan berbatu. Tanjakan dan turunan yang curam serta jalan yang kurang baik membuat anda harus ekstra hati-hati. Karena tak jarang pengunjung yang terjatuh karena belum mengenal kondisi jalan.

Taman bukit ini rupanya merupakan hasil olahan salah satu warga sekitar. Di tengah lahan seluas sekitar 1 hektare itu ditata ratusan batuan endemik menjadi taman yang sedap dipandang mata. Ada pola jalan setapak membentuk lingkaran dan letter S yang disusun dari lempengan batu, hingga formasi lingkaran yang dikeliling pagar batu-batu rincing, di mana bagian tengah terdapat monumen mini yang juga terbuat dari batuan serupa. Dari jauh, keseluruhan bentuk tatanan batu-batu itu memang menyerupai taman alam.

Dimulai pada awal 2015, warga kampung setempat bergotong royong mencangkul sebagian bibir tebing di sisi timur, dan membuatkan bertingkat-tingkat seperti sawah teras iring. Dengan begitu, wujudnya tidak lagi terlalu curam dan orang pun tidak akan susah payah naik turun karena tanah sudah lebih landai. Hujan yang turun dengan deras pun tidak lagi mudah menggerus permukaan tanah di puncak bukit itu, karena sudah dibarkade deretan batu-batu cadas yang kokoh.
Akses menuju lokasi setempat dari arah Jalan Raya Nganjuk-Sawahan disebutnya juga tidak terlalu susah. Pintu masuk termudah melalui pertigaan Bulak, yang berjarak sekitar 500 meter di selatan SMP Negeri 1 Sawahan. “Dari jalan raya total jaraknya yang harus ditempuh sekitar 4 kilometer,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar